Jumat, 11 Juli 2014

Contoh RPP Tematik Terpadu Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK TERPADU


Satuan Pendidikan          :  SDN Rantau Bujur
Kelas / Semester             :  I / 1
Tema                                :  1. Diriku
Subtema                           :  1. Aku dan Teman Baru
Semester                          :  1 (satu)
Pembelajaran                   :  1
Alokasi waktu                   : 1 Hari (175 menit)

A.      KOMPETENSI INTI
1.       Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.       Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Sikap/Karakter siswa yang dikembangkan: Disiplin, Kerja sama, Percaya diri

B.      KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
4.4   Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa  Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
PPKn
4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
SBDP
4.1  Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan
       Sekitar
      PJOK
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk  permainan   
      sederhana dan atau permainan tradisional.

C.      INDIKATOR
Bahasa Indonesia
       Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap
       Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan
       Menyebutkan nama temannya
PPKn
        Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah
SBDP
       Memberi hiasan pada kartu nama
PJOK
       Melakukan gerakan melempar
       Melakukan gerakan menangkap

D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
1.       Setelah mengikuti permainan lembar bola, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan secara benar.
2.       Dengan melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama lengkap dengan benar.
3.       Dengan melakukan permainan siswa dapat melakukan gerakan melempar dan menangkap
4.       Dengan melakukan permainan siswa dapat menjalankan peraturan permainan.
5.       Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menghias kartu nama dengan rapi.

E.       MATERI KEGIATAN
Ø  Memperkenalkan diri dengan permainan
Ø  Menghias kartu nama

F.       PENDEKATAN & METODE
Pendekatan                : Scientific
Strategi                         : Cooperative Learning
Teknik                           : -
Metode                        : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

G.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.       Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.       Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.       Guru memperkenalkan diri kepada siswa.
4.       Mengajak Semua Siswa menyanyi  “SELAMAT PAGI GURU”
5.       Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Aku dan Teman Baru”
6.       Menyampaikan tujuan pembelajaran.
10 menit
Inti
1.       Guru meminta siswa membuka buku siswa hal. 1 dan membacakan teks dan nama-nama teman Udin.
2.       Guru menunjukkan cara berkenalan, seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa hal. 2.
3.       Siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan menjelaskan aturan bermainnya yaitu siswa diminta melingkar (boleh duduk atau berdiri).
4.       Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri, ”Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak....nama panjang....biasa dipanggil Ibu/Bapak.... kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (hindari pelemparan bola dengan keras)
5.       Siswa yang berhasil menangkap bola harus menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan. Kemudian, dia melempar kepada teman lain. Teman yang menangkap lemparan bola, menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan.
(penilaian proses/unjuk kerja : Memperhatikan cara siswa memperkenalkan diri sekaligus menilai kemampuan siswa memperkenalkan diri, menjalankan peraturan pada permainan, melakukan gerakan melempar dan menngkap)
6.       Demikian seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri.
 Setelah semua memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil mengingat kembali nama-nama teman di kelas. Guru menggunakan lagu yang ada di buku siswa.
Lirik lagu “Siapa Namamu”
Ciptaan A.T. Mahmud
1 2 / 3 . / 3 4 / 5 ./
Sia pa kah na ma mu
5 4 / 3 . / 3 3 /1 . //
Na ma ku .............
(sebutkan nama anak)
7.       Siswa berada pada posisi lingkaran. Guru menyanyi sambil menepuk salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Lalu siswa tersebut sambil menyanyi “Siapakah Namamu” menepuk teman di sebelahnya dan teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagunya dan seterusnya.
8.        Kegiatan ditutup dengan diskusi pentingnya saling mengenal, dimulai dari mengenal nama.
150 menit

9.       Guru menjelaskan bahwa untuk dapat mengenal nama teman, kita bisa juga menggunakan kartu nama.
10.   Guru menyampaikan bahwa siswa akan membuat kartu nama mereka masing-masing.
11.   Guru membagikan potongan-potongan karton dengan nama masing-masing siswa.
12.   Guru menunjukkan kartu namanya sendiri yang sudah dibuat sebelumnya sebagai contoh.
13.   Siswa diminta untuk menghias dan atau mewarnai kartu nama mereka masingmasing.
14.   Siswa diminta menggunakan kartu namanya selama berada di sekolah atau menempelkan semua kartu nama di kelas.

Penutup
1.       Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
2.       Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.       Memberikan tindak lanjut kegiatan di rumah sesuai petunjuk pada Buku Siswa
4.       Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit

H.       SUMBER, MEDIA, dan ALAT PEMBELAJARAN
·         Bola plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola.
·         Karton/kertas/kardus bekas yang sudah dipotong-potong dan diberi nama masing-masing siswa.
·          Pensil warna/spidol yang bisa digunakan untuk menghias kartu yang sudah disediakan.
·          Tali/peniti/alat lain untuk memasangkan kartu nama
·         Buku Siswa Tematik Kelas I Tema Diriku
·         Buku Guru Tematik Kelas I Tema Diriku

I.          PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
Ø  Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir

2.       Instrumen Penilaian
Ø  Penilaian Proses
Penilaian Unjuk Kerja :
  (Lihat Buku Guru)


Ø  Penilaian Sikap / Karakter Siswa
Nilai Karakter yagng dikembangkan :
·         Disiplin
·         Kerja sama
·         Percaya diri





Rantau Bujur,    Agustus 2014
Mengetahui:
Kepala SDN Rantau Bujur,


AHYANI, S.Pd.
NIP 19691207 199605 1 001

Guru Kelas I,


HAINUN, S.Pd.
NIP. ……………………………,………