RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
Tema : Peristiwa
Kelas / Semester : II / 1
Alokasi waktu : 3 X 35 menit
Standar Kompetensi :
1. PKn
- Membiasakan hidup bergotong royong
· Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
Membaca
· Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
1. PKn
- Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
- Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya
- Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
Indikator :
1. PKn :
· Menyebutkan contoh tolong menolong di rumah.
· Menyebutkan contoh tolong menolong di sekolah.
2. IPS :
· Menyebutkan jenis-jenis dokumen pribadi
· Menyebutkan jenis-jenis dokumen keluarga
3. Bahasa Indonesia :
· Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan.
· Menceritakan peristiwa.
I. Tujuan Pembelajaran :
1. Menyebutkan contoh tolong menolong di rumah.
2. Menyebutkan contoh tolong menolong di sekolah.
3. Menyebutkan jenis-jenis dokumen pribadi
4. Menyebutkan jenis-jenis dokumen keluarga
5. Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan.
6. Menceritakan peristiwa.
II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
· Hidup gotong royong.
· Dokumen pribadi dan keluarga
· Peristiwa penting.
· Manfaat dokumen.
· Membaca teks pendek.
III. Model dan Metode Pembelajaran :
Model : Make a match
Metode :
· Ceramah
· Tanya jawab.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
· Salam, berdo’a
· Appersepsi; bertanya jawab tentang peristiwa sehari-hari di rumah, di sekolah.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran.
B. Kegiatan inti :
PKn
· Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi tentang contoh tolong menolong di sekolah dan di rumah.
· Setiap siswa mendapatkan sebuah kartu yang bertuliskan soal/kata-kata dan jawaban yang berhubungan tolong menolong di sekolah dan di rumah.
· Setiap siswa memikirkan jawaban atau kata yang paling cocok dengan kartunya. Misalnya pemegang kartu bertuliskan “Ibu menyapu halaman rumah” berpasangan dengan “Ani membantu Ibu”
· Setiap Siswa mencocokan kartunya sebelum batas waktu di berikan.
· Jika siswa tidak dapat mencocokan kartunya, maka diberikan hukuman bernyanyi.
· Setelah satu babak kartu diacak lagi agar setiap siswa mendapatkan kartu yang berbeda sebelumnya.
IPS
· Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi tentang dokumen pribadi dan keluarga.
· Setiap siswa mendapatkan sebuah kartu yang bertuliskan soal/kata-kata dan jawaban yang berhubungan dengan dokumen pribadi dan keluarga.
· Setiap siswa memikirkan jawaban atau kata yang paling cocok dengan kartunya. Misalnya pemegang kartu bertuliskan “KTP” berpasangan dengan “Identitas pribadi”
· Setiap Siswa mencocokan kartunya sebelum batas waktu di berikan.
· Jika siswa tidak dapat mencocokan kartunya, maka diberikan hukuman bernyanyi.
· Setelah satu babak kartu diacak lagi agar setiap siswa mendapatkan kartu yang berbeda sebelumnya.
Bahasa Indonesia
· Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi tentang pertanyaan isi wacana.
· Setiap siswa mendapatkan sebuah kartu yang bertuliskan soal/kata-kata dan jawaban yang berhubungan dengan isi wacana.
· Setiap siswa memikirkan jawaban atau kata yang paling cocok dengan kartunya.
· Setiap Siswa mencocokan kartunya sebelum batas waktu di berikan.
· Jika siswa tidak dapat mencocokan kartunya, maka diberikan hukuman bernyanyi.
· Setelah satu babak kartu diacak lagi agar setiap siswa mendapatkan kartu yang berbeda sebelumnya.
C. Kegiatan akhir
· Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
· Mengerjakan tes tertulis
· Pemberian PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Sumber :
- Buku Pengetahuan sosial SD kelas 2, Penerbit Erlangga
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 21 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
- Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 2, Penerbit Erlangga
· Alat Peraga :
1. Kartu make a macth
2. Wacana singkat
3. Contoh akte , kartu keluarga, KTP, Foto-foto keluarga.
VI. Penilaian
Teknik Tes :
Tes tertulis
pilihan ganda
isian.
Bentuk Tes :
Objektif tes
Martapura, ................................2011
Mengetahui:
Kepala Sekolah, Guru Kelas II,
................................... Ahyani, S.Pd.
Saya mau bertanya,
BalasHapuspada RPP tematik ini, pertanyaan dan jawaban yang dibuat pada kartu per mata pelajaran ya?